Blog

Lada, Si Kecil Pedas yang Manfaatnya Luar Biasa

Reject Spot - Manfaat Lada

REJECT SPOT, Jakarta – Kuliner Indonesia dan sejumlah negara lainnya menjadikan lada atau merica sebagai bumbu dasar masakannya. Lada berukuran kecil, ada dua jenis lada yang dikenal oleh masyarakat, yaitu lada hitam dan lada putih. Meskipun lada berukuran kecil, tapi ternyata memiliki manfaat yang sangat besar untuk manusia. Dari bahasa Sunda, ‘lada’ berarti pedas, karena lada berasa pedas. Pedasnya lada karena lada mengandung zat piperine.

Lada hitam Indonesia di perdagangan internasional dikenal dengan nama Lampung Black pepper, sedangkan lada putih dikenal dengan Muntok White pepper. Dikenal dengan nama tersebut, karena Lampung dan Muntok merupakan daerah pusat produksi pertama yang mengembangkan lada di Indonesia.

Ini dia berbagai manfaat lada hiitam yang baik untuk tubuh:

Meredakan rematik

Dalam H. Rahmat Rukmana (2018), rematik dapat disebabkan karena akumulasi zat beracun, kelebihan cadangan air, garam, dan asam urat yang menyebabkan terjadinya peradangan, kemerahan, nyeri, rasa sakit, dan iritasi pada bagian sendi. Kandungan minyak esensial dalam lada memiliki kekuatan untuk melepaskan simpanan air yang berlebih, sisa racun, asam urat, dan kelebihan urine.

Menurunkan risiko kanker

Senyawa kimia dalam lada, yaitu dikenal sebagai pepirine. Senyawa ini dapat membantu menurunkan risiko berkembangnya kanker atau tumor, seperti kanker payudara. Ini sangat efektif jika dipadupadankan dengan kunyit.

Membantu sistem pernapasan

Lada memberikan bantuan pada gangguan sinusitis dan hidung tersumbat. Ini disebabkan karena lada mengandung ekspetoran yang membantu memecah lender dan dahak pada saluran pernapasan.

Lada hitam dan lada putih yang kaya manfaat bagi tubuh
Lada hitam dan lada putih.

Agen antibakteri

Saat menambahkan bubuk lada pada makanan, itu  memberikan efek arteri agar tetap bersih, karena zat yang terkandung dalam lada dapat menghilangkan kelebihan kolesterol dalam tubuh. Hal itu dapat membantu mengurangi atekrosklerosis, yaitu kondisi yang meningkatkan serangan jantung dan stroke.

Menurunkan demam

Kandungan minyak atsiri dalam lada merupakan agen antiseptic dan diuterik yang dapat digunakan sebagai obat penurun panas, serta mengurangi demam, dan menjaga suhu tubuh.

Menjaga kesehatan kulit

Lada dapat membantu proses penyembuhan gangguan vitiligo, yaitu penyakit kulit yang menyebabkan kulit kehilangan pigmentasi normal. Kandungan piperine, merangsang produksi pigmen pada kulit. Kandungan piperine juga dapat mengurangi kemungkinan kanker kulit akibat radiasi ultraviolet yang berlebihan, lho!

Menurunkan depresi

Manfaat lada yang lain adalah dapat menurunkan depresi. Kandungan minyak esensial dalam lada dipercaya mampu menurunkan kecemasan dan kekhawatiran yang berlebih. Ini karena kandungan pepirin pada lada yang bertindak sebagai antidepresan yang kuat untuk membantu mengobati depresi, dan dikenal meningkatkan kemampuan kognitif.

Kamu dengan mudah mendapatkan Mccormick Blackpepper Fine Ground 450 g dengan harga yang relatif rendah dibandingkan dengan market place lainnya. Reject Spot adalah spot online pertama yang menjual barang cuci gudang.

Baca yang lain: Manfaat Cokelat Ternyata Dapat Menurunkan Stres, Lho!

Mengapa harga produk yang dijual di Reject Spot relatif murah? Karena Reject Spot menjual produk yang belum terjual, produksi yang diproduksi berlebih di pabrik, produk mendekati expired tetapi masih layak di konsumsi, dan juga produk dari sisa export dan impor.

Follow Reject Spot di Instagram @rejectspot, agar kamu mendapatkan info terbaru dari Reject Spot, karena selain harga yang relatif murah, Reject Spot memiliki berbagai promo menarik lainnya, lho.

Dapatkan Mccormick Blackpepper Fine Ground 450 g di sini.

Sumber tulisan: Rukmana, H Rahmat. 2018. Untung Berlipat Dari Budi Daya Lada Tanaman Multi Manfaat. Yogyakarta: Lily Publisher.

Sumber foto: foto pertama dan foto kedua.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *